Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.

About

What Is Lorem Ipsum?

Slider

Featured Coupons

Featured Posts

Featured Posts

Featured post

Mengapa Pengiklan Mendukung Adsense ?

Contact us

Total Pageviews

Sometimes you need advice, Ask a teacher to solve your problems.

Make a Difference with education, and be the best.

Culture

Wisata

Favourite

Event

Gallery

News Scroll

Popular Posts

Site Links

Pages

Updates

Why It Is Useful?

Get To Me!

Follow

Follow on Facebook

Tuesday, April 11, 2017

Fungsi Karya Seni Rupa Terapan Daerah setempat


Fungsi Karya Seni Rupa Terapan Daerah setempat -Kalian pasti sering menjumpai apa yang namanya Karya seni? nah, apa sih karya seni? Karya Seni yaitu Karya atau kerajinan yang telah dibuat oleh para pengrajin atau seniman yang sudah handal berkarya.

Karya seni rupa terapan juga terdapat pada masing masing daerah di indonesia. contoh saja di jepara yang dikenal sebagai penghasil ukiran dengan motif cantik.

Karya seni terapan mempunyai fungsi atau kegunaan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Kegunaan untuk diri sendiri (seniman) disebut fungsi individual, sedangkan untuk orang lain atau masyarakat disebut fungsi sosial.
  1. Fungsi Individual
      Seseorang menciptakan karya seni rupa terapan selain untuk memenuhi kebutuhan jasmani, juga untuk mencapai kepuasan rohani.
a. Karya seni dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan jasmani karena dengan terciptanya suatu karya seni oleh senimannya, akan menambah jumlah harta pemilikan, baik berupa benda yang mempunyai nilai uang maupun kecakapan yang dapat dipakai untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

b. Karya seni dapat digunakan untuk memenuhi kepuasan rohani, yaitu pada waktu proses penciptaan karya sampai terwujudnya karya seni, seniman dapat mengekspresikan seluruh perasaan dan batinnya, seperti perasaan senang, susah, terharu, dan sebagainya. Dalam karya seni itu akan tampak pribadi dan pandangan hidup dari seorang seniman, dimana masing-masing seniman berbeda antara satu dengan yang lain.

       2. Fungsi Sosial
   
       Karya dari seorang seniman haruslah bisa diterima di tengah-tengah masyarakat, sehingga dikatakan berguna untuk kepentingan orang banyak. Karya seni mempunyai manfaat dalam bidang sebagai berikut.
 a. Pendidikan
        Dalam dunia pendidikan, seni diajarkan kepada siswa agar siswa dapat memperhalus budi pekerti, mengerti, dan menghargai budaya bangsa. Seni dapat digunakan sebagai alat peraga dalam dunia pendidikan.

b. Keagamaan
        Karya seni digunakan untuk dekorasi tempat ibadah maupun untuk upacara ritual.

c. Penerangan
        Seni sebagai alat komunikasi pada jaman sekarang banyak dibutuhkan. Seni digunakan untuk memperjelas penyampaian pesan kepada masyarakat yang belum terjangkau bila pesen itu disampaikan dengan bahasa lisan atau tertulis. Penerangan bisa berupa reklame, poster, drama, dan sebagainya.

d. Hiburan
        Segala jenis hiburan sangat ditunjang dengan karya seni. Unsur seni dalam semua bagian media hiburan selalu melekat di dalamnya. Misalnya dari seni rupa : sebagai dekorasi dan kostum; dari seni musik; sebagai pengiring maupun ilustrasi adegan.

TAG : Fungsi Karya Seni Rupa Terapan Daerah setempat
 
      

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !